Home Silsilah Blog Lain-lain Lain-lain Buku-tamu Lain-lain

Arsip untuk March, 2014

Meraih Berbuat Kebaikan dan Ridlo Allah

Sunday, March 23rd, 2014

Meraih Berbuat Kebaikan dan Ridlo Allah
- www.haromain.org -

Ketika ada seorang teman SD menghubungi lewat BBM minta bantuan untuk membuatkan nama domain (alamat internet) dan aplikasi pengolahan data jamaah suatu kelompok bimbingan haji dikota kelahiran, dengan senang hati intinya terjawab Insya Allah bisa.

Dengan kemampuan seadanya, selesailah sebuah website interaktif beserta aplikasi daftar anggota jamaah. Dalam hati kita seharusnya malu jika meminta harga jasa untuk hal-hal sosial dan kebaikan apalagi keagamaan. Sedangkan diluar sana teramat banyak orang – orang pandai yang bukan orang muslim, dengan mungkin (ikhlasnya) menggratiskan begitu banyak aplikasi yang lebih rumit dan sulit, dan mungkin mereka (percaya) bahwa amal shodaqoh atau menyenangkan ke orang lain akan dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan hal yang tidak akan disangka – sangka.

Harusnya sebagai Muslim kita jauh lebih percaya hal tersebut. Tidak semua hal harus dihargai dengan yang berwujud kebendaan, harusnya kita percaya ada penghargaan yang berbentuk abstrak yang bisa jadi terbayarkan secara kontan ataupun berangsur – angsur atau bisa jadi terbayarkan nanti di hari akhir bisa berbentuk kebendaan maupun tidak yang berwujud kebendaan dan atau sebagai muslim sejati hanya berharap ridlo Allah SWT.

Semoga hal ini menjadikan motivasi kita semua untuk berlomba – lomba meraih berbuat kebaikan kesesama manusia dan berharap keridloan Allah SWT.

[Dari Meja "Anak-Cucu Haromain"]
- www.haromain.org -

Tak Kenal Langsung Maka Tak Sayang

Saturday, March 15th, 2014

Tak Kenal Langsung Maka Tak Sayang
- www.haromain.org -

Ini bukan soal politik,ini soal hubungan sesama manusia. Ketika kami melihat sebagian orang berkomentar sinis bahkan tak jarang negatif terhadap seseorang ataupun seorang anggota dari kelompok tertentu, bagi kami keliatannya kurang matang karena memperoleh berita dari media baik dari elektronik maupun orang lain, dan bukan dari pergaulan diri sendiri terhadap mereka. Dan rasanya kami ingin tersenyum ketika seseorang tersebut pindah dan tinggal bertetanggaan dalam satu lingkungan rumah yang sudah memperlihatkan cara hidup dan bertetanggaan secara baik dan minimal normal dilingkungannya terhadap mereka. Sinis terhadap seseorang atau seseorang dari kelompok tertentu, menjadi simpati.

Dan begitu kecewanya kita ketika mendengar berita dan cerita orang yang selama ini kita pandang baik namun diberitakan mempunyai perangai buruk, kita pun tidak mempunyai hubungan langsung dengan mereka. Mendengar dan melihat dari media. Simpati menjadi kebencian.

Maka dari itu cintaikan seseorang sewajarnya saja, bencilah seseorang sewajarnya saja, orang yang kau cintai suatu saat bisa jadi musuhmu dan kau benci, orang yang kau benci suatu saat bisa jadi orang yang kaucintai, temanmu dan kau lindungi. Hanya cinta kepada Allah dan Rosulnya yang sepenuh hati.

Tak kenal langsung, maka tak sayang dan selalu berfikir baik.Selalu rukun sesama manusia walaupun tinggal dirumah yang berbeda – beda.

[Dari Meja "Anak-Cucu Haromain"]
- www.haromain.org -

Internet Sosial Media di Lingkungan Kita

Wednesday, March 12th, 2014

Internet Sosial Media di Lingkungan Kita
- :: www.haromain.org :: -

Meningkatnya pengguna Internet Sosial Media dilingkungan kita baik facebook, twitter, path, line, bbm, whatsapp, dan lainnya, ibarat jamur dimusim hujan,cepat dan banyak.Sebagian keluarga ada yg melarang, sebagian lagi ada yg membebaskan dan sebagian lagi mengijinkan dengan syarat dan pengawasan tertentu.

Namun begitu tidak mudah untuk membatasi pengguna karena hanya dirinya dan Allah yg tahu apa yang dilihat dan dilakukan.Ibarat menggunakan pisau bisa bermanfaat dan membahayakan baik diri sendiri serta lingkungannya, tergantung kadar kedewasaannya, kematangannya dan keimanannnya. Anak kecil tentu perlu diawasi ketika membawa pisau, begitupun orang dewasa perlu diajari kalau perlu diawasi ketika memainkan pisau. Orang gila pasti akan menakutkan jika memegang pisau. Tapi ditangan seorang ibu dan juru masak yang pandai pisau akan membawa manfaat yang luar biasa untuk kita semua.

Internet Sosial Media begitu banyak manfaatnya ditangan orang-orang yang mempunyai kedewasaan, kematangan dan keimanan yang memadai, bisa untuk silaturrahim, jual-beli, persahabatan, hubungan keluarga, motivasi, berbagi ilmu, dan lainnya.Diluar itu tetap diperlukan para tokoh-tokoh yang mempunyai kearifan keilmuan dan keimanan juga untuk menjadi ‘pe-momong’, ‘pelurus’, ‘penyaring’, dan pengawas untuk ‘turun gunung’ bagi anak-anak dan orang-orang dekat yang ada disekitar kita, untuk sekedar menjadi ‘Teman’.

[Artikel Pendek] – [Dari Meja "anak-cucu Haromain"]
- :: www.haromain.org :: -

Kata Pengantar

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

 Selamat datang di website keluarga besar KH. Imam Haromain - Kudus, http://www.haromain.org.
Semoga dengan adanya media dan forum di internet untuk silaturohmi dan diskusi akan menambah erat dan kenal dalam hubungan kekeluargaan kita semua. Amin.


Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh
Cari Berita :



  Facebook groups "Keluarga.Haromain"