Home Silsilah Blog Lain-lain Lain-lain Buku-tamu Lain-lain

Mengenal Domain-name/Domain dan Web-hosting/Hosting.

Ditulis pada January 7, 2013 – 3:36 pm | oleh admin |

Mungkin para internetter, facebooker, twitterer dan yang lainnya yang berkecimpung didunia internet sudah paham betul dengan yang namanya domain dan hosting.  Namun kami  juga yakin sebagian besar masih belum mengenal apa dan bagaimana cara mendapatkan domain dan hosting tersebut. Untuk saat ini kami akan menulis dengan bahasa dan cara yang simpel tanpa penjabaran yang lebih detil artinya tulisan ini bersifat secara praktis saja.

Domain dan hosting adalah sesuatu yang beda, bisa berdiri sendiri dan untuk bisa diaksesnya harus ada dua-duanya.

Penjelasan :
- Domain-name adalah nama dari sebuah alamat internet (misal: www.haromain.org, www.yahoo.com, emilfamily.blogspot.com dll).
- Web-Hosting adalah tempat untuk menyimpan file web (bisa text, gambar, tulisan dll) didalam sebuah komputer server, dimana komputer server tersebut terhubung dengan internet.
- Domain-name dan Web-Hosting ada yang bersifat gratis dan ada yang bersifat berbayar.

Domain-name :
1. Domamin-name yang gratis biasanya adalah sub/bagian dari sebuah domain yang memang digunakan sebagai servis gratis kalangan umum (misalnya: emilfamily.blogspot.com, emilfamily adalah sub dari domain perusahaan blogspot.com ,  domain dengan akhiran wordpress.com dari www.wordpress.com, dll  )

2. Domain-name yang berbayar biasanya adalah top-level-domain (TLD) (misalnya haromain.org, satuempatlima.com dll) dan bisa dibeli dari perusahaan-perusahaan diinternet. (Misal: Penjual Luar negeri  : Godaddy.com, name.com, internetbs.net, namecheap.com, dll. Penjual Dalam negeri : masterweb.net, idwebhost.com, dracoola.net, dll).

3. Domain-name dibeli sesuai masa kontrak (misal: 1 tahun, 2 tahun dll) dan harus diperpanjang jika masa kontrak abis, bisa diperpanjang secara manual dan otomatis sesuai jenis pembayaran kita.Misal: domain-name  www.haromain.org dibeli dari www.godaddy.com masa kontrak setahun dengan harga 100 ribu/tahun.

4. Tidak ada perbedaan yang berarti untuk registrasi/membeli domain-name baik untuk penjual di Luar negeri dan di dalam negeri.

5. Untuk penjual di Luar negeri kita bisa memakai kartu kredit, paypal dan lainnya, sedangkan untuk penjual dalam negeri biasanya memakai transfer antar bank atau ada yang memakai paypal.

6. Pengalaman penulis untuk membeli/registrasi domain-name lebih fleksibel dan enak dari sisi teknis ke penjual luar negeri daripada ke penjual dalam negeri.Alasannya registar/penjual domain luar negeri EPP-Code/password domain biasanya di sertakan didalam menu kontrol panel di website akun kita. Sedangkan registrar/penjual dalam negeri biasanya EPP-Code nya tidak terdapat di control panel akun tetapi harus tanya ke admin penjualnya.

7. EPP-code diperlukan untuk transfer/pindah ke penjual domain-name lain (misal: pindah dari godaddy.com ke names.com, dll ).Dan EPP-code adalah bukti bahwa kita pemilik dari sebuah domain-name.

8. Umumnya harga domain-name (akhiran .com, .org, .net) untuk kontrak 1 tahun adalah 80.000 – 110.000. Dan bisa juga dengan akhiran lainnya seperti .co, .cc, .co.id, web.id dll.

Web-Hosting :
1. Webhosting yang gratis biasanya mempunyai keterbatasan, misalnya dari  kapasitas menyimpang filenya dikit, bandwith akses dibatasi, dan restriksi/pembatasan lainnya.(misal: Hosting di luar negeri www.freehostia.com, www.000webhost.com dll).

2. Webhosting yang berbayar juga ada beberapa pembatasan sesuai dengan berapa besar yang kita bayarkan yang disesuaikan dengan paket produk yang dikeluarkan. (misal: Penjual hosting luar negeri : www.hostgator.com, www.godaddy.com, www.mochahost.com, www.freehostia.com , Penjual hosting dalam negeri : www.dracoola.com, www.masterweb.net, idwebhost.com dll).

3. Kontrak pembelian masing – masing penjual hosting berbeda ada yang bisa per 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun , 2 tahun dll.

4. Pembayaran seperti pembelian domain-name bisa memakai paypal dan kartu kredit untuk penjual luar negeri dan transfer bank atau paypal penjual dalam negeri.

5. Satu web-hosting bisa di tempeli/dikaitkan ke satu atau beberapa domain-name (tergantung dari paket webhosting yang kita beli).Karena setiap beda harga/paket mempunyai perbedaan fitur dan batasannya.

Mengaitkan/menghubungkan domain-name ke web-hosting :
1. Pertanyaan selanjutnya adalah kalo kita sudah membeli domain name misalnya di luar negeri di perusahaan www.goddady.com  dengan nama domain www.sayabeli.com kontrak selama 1 tahun seharga $8 bagaimana domain-name saya tersebut bisa di akses?.

2. Jawabannya adalah tidak bisa di akses karena domain tersebut belum di hubungkan ke web-hosting.

3. Jadi langkah selanjutnya kita membeli web-hosting, misal membeli webhosting sebesar 400 mega di perusahaan www.dracoola.net kontrak 1 tahun seharga 200 ribu.

4. Bagaimana agar file – file yang telah kita simpan di web-hosting perusahaan www.dracoola.com bisa di akses dengan domain-name www.sayabeli.com kita?. Jawabannya adalah dengan menambahkann DNS ( domain name service ) server perusahaan www.dracoola.net ke setting domain-name www.sayabeli.com yang bisa dibuka di kontrol panel di akun kita di perusahaan www.godaddy.com.

5. Misal DNS perusahaan dracoola.net adalah ns9.dracoola.net maka tambahkan ns9.dracoola.net di menu dns di control panel akun domain-name kita di perusahaan godaddy.com lewat web.

6. Kita bisa menghubungkan domain-name yang berbayar ke webhosting yang gratis dan sebaliknya kita bisa menghubungkan domain-name yang gratis ke webhosting yang berbayar juga. Atau juga menghubungkan domain-name dan webhosting yang gratis dua – duanya, tergantung kita pandai – pandai mencari registrar/tempat registrasi yang mempunyai batasan/limitasi yang longgar.( Karena ada kalanya domain-name yang gratis tidak bisa dihubungkan ke webhosting dari perusahaan penjual webhosting tertentu , tetapi bisa di hubungkan di tempat perusahaan penjual webhosting yang lain.)

Akhirnya selesai sudah domain-name www.sayabeli.com yang dibeli dari  perusahaan www.godaddy.com akan  terkoneksi dengan file – file kita di web-hosting yg kita beli di perusahaan dracoola.net. Untuk membikin/membangun sebuah web di webhosting akan kita bahas di lain waktu.

Oleh: Faiq Azmi (faxs@yahoo.com) © 2013

www.haromain.org

 

 

comments

Komentar Akun Facebook

Pastikan anda login Facebook untuk isi komentar, jika proxy rumah/kantor di blokir utk facebook, komentar form tidak akan muncul.

Kata Pengantar

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

 Selamat datang di website keluarga besar KH. Imam Haromain - Kudus, http://www.haromain.org.
Semoga dengan adanya media dan forum di internet untuk silaturohmi dan diskusi akan menambah erat dan kenal dalam hubungan kekeluargaan kita semua. Amin.


Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh
Cari Berita :



  Facebook groups "Keluarga.Haromain"