Home Silsilah Blog Lain-lain Lain-lain Buku-tamu Lain-lain

Kyai “SAE”

Ditulis pada December 29, 2012 – 8:10 pm | oleh admin |

Ada sebuah hadits yang menganjurkan kepada setiap mukmin untuk menghormati tetamunya, “Man kana yu’minu billahi wal yaumil akhiri falyukrim dloifah” barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah menghormati tetamunya.

Anjuran dan ajaran Rasulullah saw diatas itulah yang dipraktikkan oleh Mbah Arwani setiap menerima tetamu, baik tamu itu dikenal maupun tidak dikenal oleh Beliau. Bertamu kepada seorang ‘alim atau kiyai pasti memiliki tujuan khusus, tidak sekedar bersilaturrohim, seperti mengharap kehadirannya dalam suatu majlis atau minimal meminta do’a agar apa yang dihajatkan berhasil dan diridloi Allah Ta’ala.

Keistimewaan Mbah Arwani dalam menerima tetamu adalah selalu menyambutnya dengan senyuman, tutur kata yang lemah lembut, dan berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa halus (kromo inggil) terkecuali kepada famili atau sahabat yang sudah dikenal dekat. Suguhan apapun sudah pasti selalu ada untuk tamu. Jika tetamunya meminta dido’akan pasti Beliau akan mendo’akannya, dan Beliau selalu menyisipkan kata-kata “sae” atau “apik” di sela-sela pembicaraan.

Kata “sae” atau “apik” adalah bahasa Jawa yang artinya “baik”, atau “khair” dalam bahasa Arab. Kata-kata ini sudah mengandung makna do’a karena setiap tetamu yang mengemukakan sesuatu yang hendak dimaksudkan selalu dinilai oleh Mbah Arwani baik. Kebiasaan mulia Mbah Arwani inilah yang dijadikan dasar (justifikasi) masyarakat Kudus khususnya, memberikan predikat kepada Beliau “Kiyai Sae” … sebuah julukan “istimewa” yang tidak akan ditemukan di mana pun … semoga kita mau dan mampu meneladani Sang “Kiyai Sae”, amin

(Aslim Akmal) Pengalaman penulis beberapa kali bersilaturrohim mendampingi ayah dan paman

comments

Komentar Akun Facebook

Pastikan anda login Facebook untuk isi komentar, jika proxy rumah/kantor di blokir utk facebook, komentar form tidak akan muncul.

Kata Pengantar

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

 Selamat datang di website keluarga besar KH. Imam Haromain - Kudus, https://www.haromain.org.
Semoga dengan adanya media dan forum di internet untuk silaturohmi dan diskusi akan menambah erat dan kenal dalam hubungan kekeluargaan kita semua. Amin.


Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh
Cari Berita :



  Facebook groups "Keluarga.Haromain"